Cara Membuat Bakso Udang Dengan Mudah Dan Praktis

Cara Membuat Bakso Udang

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat bakso udang. Bakso berakar pada seni kuliner Cina Indonesia. Sekarang saatnya untuk mencoba bakso olahan yang berbeda, bakso ini menggunakan udang giling untuk campuran.

Tidak hanya berbeda dari olahan lain (unik) Bakso udang ini juga memiliki nutrisi yang kaya, dan manfaat dari bahan-bahannya. proses pembuatan bakso sekarang juga lebih mudah dengan menggunakan mesin pencetak bakso.

Cara membuat bakso udang dengan mudah

Bahan cara membuat bakso :

  •     350 gr udang kupas
  •     10 siung bawang putih (gunakan mesin pengiris bawang)
  •     250 gr tepung tapioka
  •     1 sendok makan tepung jagung
  •     garam, merica, dan kaldu jamur secukupnya
  •     1 sendok makan minyak
  •     1 putih telur
  •     cukup daun bawang
  •     es batu / air es secukupnya

Langkah-langkah dalam Cara Membuat Bakso:

  1.     Blender bawang putih dan udang secara bergantian
  2.     Tambahkan bawang putih dan udang yang dihancurkan. Tambahkan tepung tapioka, tepung jagung, putih telur, es batu, garam, minyak, lada dan kaldu jamur. Kemudian uleni hingga halus
  3.     Lalu tambahkan bawang hijau cincang dan seledri
  4.     Rebus air sampai mendidih dengan api kecil
  5.     sampai menunggu air mendidih, bentuk campuran bulat sesuai selera menggunakan sendok makan atau bisa juga menggunakan tangan secara langsung
  6.     setelah air mendidih masukkan adonan yang sudah terbentuk tadi, tunggu sampai adonan mengapung kemudian angkat dan atur sesuai selera

Nutrisi Dari Udang

Udang mengandung omega-3 dalam jumlah besar dan kadar merkuri rendah. Dan seperti hidangan laut lainnya, udang mengandung kalsium, yodium dan protein tinggi tetapi total kalori rendah. Udang juga mengandung sejumlah besar kolesterol, antara 122 dan 251 mg per 100 gram.

1. Sumber Protein

Kandungan protein udang dikategorikan sebagai “protein lengkap” karena kadar asam amino yang tinggi, profil lengkap, dan sekitar 85-95 persen protein mudah dicerna oleh tubuh. 100 gram udang mentah mengandung 20,3 gram protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian 41%.

2. Asam Amino

Profil asam amino udang (per 100 gr) yang termasuk tinggi adalah asam gulamic (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginin (1775 mg), lisin (1768 mg), leusin (1612 mg), glikin (1612 mg), glisin (glisin (1612) mg) 1225 mg), isoleusin (985 mg), dan valin (956 mg).

Manfaat Udang untuk Kesehatan

1. Memenuhi kebutuhan protein dengan profil asam amino lengkap yang mudah diserap oleh tubuh. Baik dikonsumsi untuk anda yang ingin menambah massa otot.

2. Sangat cocok untuk diet karena tinggi protein dan rendah kalori.

3. Sebagai antioksidan yang mampu menjaga fungsi kekebalan tubuh yang sehat, radikal anti-bebas menyebabkan 50 jenis penyakit degeneratif dan membantu produksi antibodi dengan kandungan selenium yang sangat tinggi.

4. Membantu operasi lebih dari 70 jenis enzim, hormon, dan proses biosintesis dalam tubuh dengan kandungan seng

5. Membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak-anak dengan vitamin D, B12 dan Omega 3

6. Mencegah tekanan darah rendah (anemia) dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan besi dan sengnya yang tinggi.

7. Menjaga kesehatan mata dengan vitamin A.

8. Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit pellagra (kulit bertitik dan bersisik) dengan vitamin E tinggi (alfa tokoferol) dan kandungan niasin.

9. Menjaga kesehatan tulang, gigi, dan persendian dengan kandungan vitamin D, kalsium, dan kalium yang tinggi.

Demikian tadi cara membuat bakso udang dan beberapa manfaat udang untuyk kesehatan, semoga menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *