Rahasia Memilih Barang Promosi Yang Sesuai Target Market

Barang promosi seperti halnya souvenir atau merchandise terbukti cukup efektif digunakan dalam strategi pemasaran. Tidak hanya untuk menarik perhatian calon konsumen atas produk/jasa yang ditawarkan, penggunaan media promosi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan citra perusahaan. Keberhasilan strategi ini tidak hanya ditentukan oleh ketepatan pemilihan jenis barang promosi, tetapi juga kesesuaian target market atau sasaran penerima barang promosi itu.

Untuk memilih barang promosi yang akan digunakan, perusahaan harus menentukan terlebih dahulu siapa market atau konsumen yang dituju. Jika marketnya sudah jelas, tentunya akan mempermudah dalam menentukan souvenir yang tepat sebagai barang promosi. Di digi souvenir, Anda dapat memilih beragam souvenir yang bisa disesuaikan dengan target market Anda. Selain menjadi rekomendasi tempat bikin souvenir mouse wireless, di sini Anda bisa konsultasikan kebutuhan akan souvenir yang tepat dan berkualitas.

Rahasia Memilih Barang Promosi Yang Sesuai Target Market

Jadi, terlepas dari barang promosi apa yang harus dipilih, sebaiknya disesuaikan dengan brand perusahaan. Karena biasanya target market dari barang promosi akan sejalan dengan konsumen yang dibidik dari produk/jasa yang dijual. Berikut ini hal-hal yang perlu dicermati saat memilih barang promosi agar sesuai dengan target market yang dibidik.

  • Menetapkan Segmen Market yang Spesifik

Target market berkenaan dengan siapa konsumen yang dituju. Sebesar apapun suatu industri, pasti memiliki market tersendiri. Artinya, tidak semua orang bisa menjadi konsumennya. Karena itu, menetapkan segmen market merupakan langkah awal yang perlu dilakukan.

Segmen market bisa ditetapkan berdasarkan demografi (jenis kelamin, usia, profesi, kondisi ekonomi, agama, dan sebagainya) serta geografis (daerah tempat tinggal atau domisili). Misalnya, sebuah perusahaan komputer menetapkan segmen market mereka adalah mahasiswa dan pekerja kantor. Maka, barang promosi yang tepat untuk dipilh, antara lain flashdisk, mouse wireless, atau kalender meja.

  • Menyesuaikan dengan Kebutuhan Konsumen

Barang promosi yang baik adalah yang memiliki nilai fungsional atau bermanfaat bagi konsumen. Oleh karena itu, setelah menentukan segmen pasar, perusahaan perlu mempelajari insight atas market yang dipilih itu. Yaitu selain apa yang menjadi kebutuhan konsumen (need), juga apa yang menjadi keinginan (want) dan kegelisahannya (fear).

Dengan mengetahui insight dari target market, perusahaan akan lebih mudah memilih barang promosi yang sesuai dan bermanfaat, bahkan juga bisa menjadi solusi bagi konsumen. Industri jilbab printing misalnya, dengan segmen pasar yang terdiri atas wanita usia muda, barang promosi yang dipilih dapat berupa bros cantik. Karena selain memang dibutuhkan untuk memasang jilbab, souvenir berupa bros juga tentunya akan disukai para wanita muda.

  • Mengetahui Perilaku/Kebiasaan Konsumen

Perilaku atau kebiasaan konsumen bisa menjadi salah satu faktor penentu dalam memilih barang promosi. Perilaku ini mencakup bagaimana aktivitas mereka sehari-hari, apa hobi yang biasa mereka lakukan, bagaimana cara mereka merespon sesuatu, dan sebagainya.

Dengan mengetahui kebiasaan konsumen, akan mudah bagi Anda menentukan barang promosi yang sesuai. Misalnya, dalam industri yang memiliki segmen pasar para ibu rumah tangga, akan cocok jika menggunakan barang promosi berupa kantong belanja lipat. Hal ini karena belanja menjadi kegiatan yang biasa dilakukan para ibu rumah tangga.

  • Mengikuti Tren yang Sedang Berkembang

Mengamati tren yang berkembang di masyarakat menjadi hal penting yang perlu Anda lakukan sebagai pelaku bisnis. Karena sesuatu yang mengikuti tren akan lebih mudah diterima market. Dengan mengetahui tren yang sedang berkembang akan membantu Anda dalam memilih barang promosi yang sesuai. Misalnya, tren membawa wadah minum ramah lingkungan yang belakangan ini banyak dilakukan, menjadikan tumbler sebagai barang yang cukup diminati, sehingga cocok untuk dijadikan souvenir promosi.

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih souvenir sebagai barang promosi, salah satunya adalah konsumen yang dibidik. Dengan memilih barang promosi yang sesuai target market, maka peluang keberhasilan dan tujuan promosi pun akan tercapai.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *