Kerajinan Limbah Plastik dan Cara Pengolahannya

Kerajinan Limbah Plastik

Kerajinan Limbah Plastik – Kesadaran limbah plastik bisa dimulai pada anak Anda sejak dini, lho. Untuk meminta daur ulang sampah plastik dari anak-anak, para ibu harus menggunakan metode kreatif dan tidak efisien.

Nah, cara yang menyenangkan untuk membicarakan bijak plastik dengan anak-anak dapat dimulai dengan mengundang mereka untuk membuat kerajinan tangan dari sampah plastik. Mungkin jika dengan limbah yang banyak Anda bisa juga menggunakan mesin pengolah limbah plastik.

Tas / Tote Bag

Untuk mengurangi sampah plastik, biasakan untuk membeli di pasar atau supermarket dengan membawa tas atau tas jinjing Anda sendiri. Jika Anda tidak memiliki tas jinjing, coba daur ulang limbah plastik menggunakan kemasan bubuk deterjen Rinso yang membutuhkan 1,8 kg. Kemasan Rinso nantinya akan ditransfer ke tas jinjing yang siap untuk dibawa ke mana saja.

Bahan:

  •     4-5 paket bubuk deterjen Rinso 1,8kg
  •     Jarum dan benang
  •     Menggunting
  •     Lem
  •     Kain untuk penanganan tas jinjing

Bagaimana membuat Kerajinan limbah plastik:

  1.     Ambil 4 paket Rinso yang dikemas. Potong ujung-ujungnya agar kemasan bisa menyebar luas
  2.     Rentangkan 2 paket Rinso, jahit kedua belah pihak sehingga mereka menjadi satu. Setelah itu, lanjutkan menjahit 2 paket Rinso lainnya hingga terbentuk tas besar. Jangan lupa pasang bagian bawah agar kuat agar tidak mudah putus. Jika tidak bisa dibuat, gunakan lem besi agar semua kemasan Rinso benar-benar kuat
  3.      Kain jahit yang telah disediakan membuat tote bag handle

Jika tas jinjing dari 5 paket bubuk deterjen Rinso 1,8 kg dirasa tidak cukup besar, Anda dapat menambahkan beberapa paket lagi untuk membuat tas jinjing dengan ukuran yang diinginkan.

Tempat Pensil / Tempat Rias

Selain tas jinjing, pengolah limbah plastik dari kemasan Rinso juga bisa berupa tempat pensil atau makeup. Namun, kemasan yang digunakan adalah kemasan deterjen cair Rinso karena bahannya lebih kaku dari kemasan deterjen bubuk.

Bahan:

  •     1 paket cairan deterjen Rinso cair 800ml
  •     Jarum dan benang
  •     Menggunting
  •     Lem
  •     Mengembalikannya

Bagaimana membuat kerajinan limbah plastik :

  1.     Siapkan kemasan deterjen cair Rinso yang telah disiapkan. Potong menjadi dua. Kemudian, lanjutkan memotong sisi bawah, atas, kiri, dan kanan hingga keduanya memiliki ukuran yang sama
  2.     Jahit perawatan di bagian kedua paket. Namun, sang ibu perlu memutuskan untuk ditempatkan dengan membalik di satu sisi paket yang harus dijahit. Tempelkan rooting terlebih dahulu dengan lem agar tidak bergeser
  3.     Setelah dipasang, jahit bagian bawah, kiri dan kanan bersamaan sehingga kemasannya satu
  4.     Balik bagian dalam paket, lalu coba tutup kembali

Kolase untuk Dinding Kamar

Mengolah sampah plastik menjadi kerajinan tangan bisa dimulai dengan membuat kolase untuk dinding ruangan. Dari sekian banyak kerajinan tangan yang terbuat dari sampah plastik, kolase ini adalah yang termudah.

Bahan:

  •     Kemasan Rinso atau kemasan plastik berwarna-warni lainnya
  •     Menggunting
  •     Lem
  •     Pensil

Bagaimana membuat kerajinan limbah plastik :

  1.     Tentukan model objek yang ingin Anda buat kolase, yang bisa dalam bentuk bunga, hewan, buah-buahan, atau pemandangan
  2.     Gambar pola di dinding menggunakan pensil. Jika Anda tidak ingin mencemari dinding, Anda juga dapat menggunakan media kertas, kemudian dibingkai dengan bingkai
  3.     Potong kemasan Rinso atau kemasan plastik lainnya menjadi potongan-potongan kecil, lalu pisahkan sesuai warna
  4.     Tempel potongan-potongan kemasan plastik dalam pola yang dibuat

Dekorasi Bunga Plastik

Kemasan Rinso juga bisa diolah menjadi hiasan bunga plastik. Selain kemasan Rinso, tersedia warna yang cocok untuk warna ungu, hijau, dan merah muda sehingga sangat cocok dijadikan hiasan bunga.

Bahan:

  •     Kemasan Rinso berbagai warna
  •     Karton
  •     Kawat ukuran sedang untuk tangkai
  •     Spidol untuk membuat pola
  •     Menggunting
  •     Lilin

Bagaimana membuat:

  1. Buat pola di karton terlebih dahulu. Mulailah membuat pola lingkaran dengan diameter 14cm.
  2. Potong pola lingkaran di atas karton, lalu siapkan paket Rinso ungu atau merah muda di atas pola. Potong bagian-bagian yang ungu atau merah muda dengan bentuk dan ukuran sesuai dengan pola.
  3. Lipat kemasan Rinso yang telah dipotong sesuai pola menjadi 4 bagian. Kemudian, potong ujung-ujung kemasan untuk membentuk mahkota bunga.
  4. Buka kemasan Rinso, Anda akan melihat 8 lekukan yang terlihat seperti dahlia. Lipat kembali agar pas dengan lekukan, lalu panaskan dengan lilin untuk membentuk sedikit benjolan. Panaskan paket untuk membentuk mahkota.
  5. Buat putik bunga dengan memotong bungkusan Rinso gantung 7 x 8 cm. Lipat ke lebar yang diinginkan dan potong sisi sebesar 3 cm.
  6. Tusuk bunga dengan kawat panjang 15-20cm. Kemudian, bungkus kawat dalam kemasan bubuk deterjen Rinso hijau.

Demikian tadi kerajinan limbah plastik yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat untuk Anda. Anda bisa juga service AC di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *