Penyebab dan Solusi Komputer Tidak Bisa Masuk ke Windows

Punya komputer tapi tidak bisa masuk ke dalam sistem windows merupakan suatu hal yang mengenaskan sekali terlebih kita sedang di buru-buru untuk mengerjakan sebuah pekerjaan yang darurat. Karena bila ini terjadi otomatis kerjaan tersebut tidak bisa diselesaikan dengan cepat. Umumnya yang memakai komputer ini tidak punya pemahaman mengenai perawatan sebuah komputer atau perbaikannya. Sehingga bila terjadi kerusakan hanya bisa pasrah dan paling akan memanggil seorang ahli seperti teknisi service komputer jakarta atau dengan yang lainnya.

Penyebab dan Solusi Komputer Tidak Bisa Masuk ke Windows

Komputer tidak bisa masuk ke windows itu banyak faktor yang mempengaruhi. Apa saja itu? Di bawah ini ada beberapa penyebab dan solusi yang di sadur dari website servicekomputerpanggilantangerang.com. Antara lain :

BIOS

Fungsi dari bios ini sebagai penghubung semua perangkat yang ada secara sistem. Keberadaan bios ini ada di motherboard dan merupakan salah satu pemberi masalah bila komputer tidak bisa masuk ke Windows. Untuk itu bila terjadi maka cek terlebih dahulu kebagian biosnya apakah ada settingan yang berbeda dari biasanya. Untuk masuk ke bios sendiri sangat mudah sekali pastikan komputer dalam keadaan restart setelah menyala sebentar tekan F2 yang diikuti tekan tombol delete.

Problem di Windows

Bilamana sistem Windows ini imengalami sebuah masalah yang sangat besar seringnya tidak akan bisa masuk ke dalam Windows. Kerusakan yang ada biasanya ada pada register-register yang telah rusak atau corrupt. Kerusakan ini banyak sebabnya mulai dari minta di-repair atau karena terserang virus.

Untuk langkah merepair sistem windows caranya seperti ini:

  • Masuk ke dalam BIOS terlebih dahulu seperti langkah di atas.
  • Ubah main boot option nya menjadi di DVD atau flashdisk
  • Lalu restart komputer
  • Tidak berapa lama akan ada tulisan ” press any key to boot from..” tekan sembarang tombol yang ada
  • Setelah itu akan dibawa ke proses seperti kita menginstal sampai ketemu tulisan “repair windows”
  • Setelah dilakukan repair ternyata sistem operasi masih sama, langkah terbaik selanjutnya yang bisa diambil adalah dengan menginstal ulang sistemnya.

Problem pada hardisk

Hardisk sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan file atau data pada komputer apapun itu jenisnya mulai dari software, video, gambar dan lain-lain. Bilamana hardisk bermasalah sering juga mengakibatkan komputer tidak masuk ke windows. Kerusakan yang sering terjadi adalah karena tidak bisa membaca atau bad sector. Bila tidak bisa terbaca solusinya adalah lepaskan dulu kabel penghubung kemudian pasang kembali dalam yang benar. Untuk mengecek hardisk bad sector ini harus menggunakan software tambahan untuk melihat seberapa besar kerusakan yang ada. Bad sector merupakan problem pada software yang ada pada hardisk. Kerusakannya ini bisa dalam skala ringan atau besar.

Kerusakan lainnya yang sering terjadi adalah mati total membuat hardisk tidak nyala sama sekali. Bila sudah rusak maka harus diganti dengan yang baru. Dengan catatan memilih jenis dan model yang sama namun bisa dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

Blue screen

Blue screen merupakan tampilan layar monitor yang berwarna biru. Penanda ini memberi informasi bahwa komputer sedang mengalami masalah. Penyebabnya sendiri bisa karena hardware atau software. Seringnya ketika blue screen, disana ada informasi jelas mengenai kerusakannya. Dan informasi tersebut bisa membuat kita tahu bagian mana yang rusak.

Virus

Bila komputer sudah terserang sebuah virus biasanya akan merusak data yang ada mulai dari sistem operasinya sendiri hingga data-data yang lainnya. JikA sistem operasi ini sudah rusak fatal otomatis tidak akan bisa masuk ke windows nya dan meskipun bisa masuk membutuhkan proses yang lebih lama. Maka dari itu disarankan untuk selalu menginstal antivirus dan dan melakukan update secara berkala.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *