Mengenal Alat Kejut Jantung Defibrillator

alat kejut jantung

Beragam alat kesehatan mengalami perkembangan seiring dengan begitu pesatnya perkembangan teknologi. Salah satu contohnya adalah alat kejut jantung. Bagaimana bisa, energi listrik yang berbahaya justru malah bisa menyelamatkan nyawa manusia ? Coba simak penjelasan tentang alat kejut jantung berikut ini.

Mengenal Alat Kejut Jantung

Alat kejut jantung dalam bahasa medis disebut dengan Defibrillator. Diambil dari bahasa asing yang berarti sebuah alat yang digunakan untuk membuat sesuatu kembali bergetar. Ya,secara umum alat kejut jantung atau defibrillator ini digunakan untuk mengembalikan irama jantung tidak normal yang bisa disebabkan dari berbagai faktor.

Cara Kerja Defibrillator

Memang benar, listrik dengan tegangan tinggi dapat berbahaya bagi manusia. Namun dibalik itu, ternyata terdapat rahasia yang luar biasa. Listrik juga bisa menyelamatkan nyawa manusia. Lihat alat ini, defibrillator dengan energi listrik memberikan stimulus pada jantung untuk melakukan detak dengan normal. Hal ini karena otot jantung dikejutkan dengan energi dengan jumlah tertentu.

Cara kerja alat ini adalah dengan memberikan kejutan listrik disaat jantung sedang mengalami fibrilasi. Sebuah kondisi yang membuat salah satu bilik pada jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh karena beberapa faktor seperti serangan jantung, tenggelam, dan lain sebagainya. Kejutan tersebut akan membuat jantung berhenti berdetak kemudian sesaat setelah itu akan berdetak normal kembali.

Jenis Defibrillator

Secara umum ada dua jenis defibrillator yang umum digunakan yakni defibrillator manual dan defibrillator otomatis. Namun kedua jenis defibrillator ini masing – masing memiliki dua jenis yaitu internal dan eksternal. Oleh sebab itu ada empat jenis defibrillator sejauh pengetahuan kami.

Defibrillator manual umumnya digunakan oleh para tenaga medis di unit pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit atau Klinik. Sedangkan defibrillator otomatis atau juga disebut dengan AED digunakan unuk umum dan disediakan di berbagai tempat – tempat umum yang sering dikunjungi banyak orang.

Harga Defibrillator

Defibrillator memang tidak diperuntukkan bagi masyarakat atau untuk pribadi. Namun untuk sebuah instansi kesehatan, perusahaan, pengelola tempat wisata dan juga bagi pemerintah yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat. Alat ini cukup mahal, anda bisa cek di toko yang jual AED, untuk satu unit defibrillator manual harganya bisa mencapai ratusan juga rupiah. Atau minimal diatas 30 juta rupiah.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini tentang alat kejut jantung atau defibrillator. Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama, sekian dan selamat beraktifitas.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *