Mengenal Beberapa Macam Alat Laboratorium Kesehatan

contoh alat laboratorium medis

Macam dan ragam alat – alat Laboratorium sangat banyak. Masing – masing alat memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda – beda. Alat tersebut juga berbeda di masing – masing jenis laboratorium. Berikut ini kami akan berbagi informasi terkait dengan beberapa contoh alat – alat laboratorium yang ada di lab medis atau laboratorium kesehatan baik di rumah sakit ataupun klinik.

Contoh Alat Laboratorium Medis

# Hematology Analyzer

Pernahkah anda melakukan pemeriksaan darah ? Hematology Analyzer adalah salah satu alat laboratorium yang digunakan untuk pemeriksaan darah. Yakni berfungsi untuk menganalisa dan mengetahui jumlah sel – sel darah. Contoh pada kasus demam berdarah misalnya. Ketika sampel darah anda dicek maka kemungkinan besar kadar trombosit dalam darah anda akan menurun. Nah, itulah fungsi alat ini.

# Chemistry Analyzer

Selain Hematology Analyzer, ada juga alat lain yang sejenis dengan nama chemistry analyer. Fungsi alat ini adalah untuk menguji unsur – unsur kimia yang terdapat dalam darah seperti kadar glukosa, kolesterol, asam urat, dan kandungan enzim tertentu yang terdapat di dalam darah.

# Centrifuge

Alat yang satu ini termasuk alat penunjang laboratorium medis. Namun demikian, alat ini tidak hanya ada di lab medis, melainkan  hampir di semua laboratorium kimia dan biologi. Apa fungsi centrifuge ? Centrifuge berfungsi untuk memisahkan partikel dengan masa lebih berat dan partikel yang lebih ringan. Untuk lebih jelasnya contoh penggunaan centrifuge adalah untuk membuat sample pemeriksaan kimia darah dengan alat chemistry analyzer. Yakni memisahkan serum dari plasma darah. Alat ini cukup mudah didapat, hampir seluruh distributor alat medis jual centrifuge dengan berbagai macam model dan merk.

# Alat Penunjang Lab Umum

Alat – alat lain yang tidak kita sebutkan satu – persatu di sini saya kategorikan sebagai alat penunjang lab umum. Apa saja alat tersebut ? Cukup banyak sekali. Diantaranya : Tabung Reaksi, Bunsen, Termometer, Object Glass, Tabung Ukur, Labu Erlemeyer dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu saja bahasan macam alat laboratorium medis tidak hanya ini saja. Masih ada banyak sekali alat lainnya yang tidak bisa kita sebutkan dalam bahasan singkat ini. Mudah – mudahan tulisan yang sedikit ini bisa bermanfaat dan menambah manfaat untuk kita sekalian. Sekian, selamat kembali beraktifitas.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *