Cara Membuat Kue Klappertart Khas Manado Yang Lezat

cara-membuat-kue-klappertart

    Cara membuat kue klappertart – Halo netizen, menu masak kita apa ya hari ini? Nasi goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Coba tebak mau bikin apa hari ini? Yaass sesuai judulnya kita akan membahas resep cara membuat kue klappertart khas manado yang lezat.

Kalian udah tahu belum apa itu klappertart ? Agak asing sih di telinga kita ya kan, kalau begitu gimana kalau kita bahas dulu pengertian dan sejarah dari klappertart?

Oke kalau begitu sebelum ke resep cara membuat kue klappertart khas manado yang lezat, kita bahas dulu yuk tentang Apa itu klappertart dan sejarah dari klappertart

Apa Itu Klappertart?

Klappertaart merupakan salah satu kue khas Sulawesi Utara, Manado. Kue khas dengan kelapa, kenari dan kismis ini merupakan hidangan yang manis dan gurih.
Klappertart terdiri dari dua jenis. Beberapa orang memanggang dan menggunakan roti, sehingga menghasilkan clavertart yang kuat yang dapat diiris seperti pai. Ada juga yang tidak bisa dipanggang, konsistensinya sangat lembut dan langsung meleleh saat dimasukkan ke dalam mulut. Paling baik dimakan dingin.
Klappertart telah menjadi ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) dan menjadi bagian dari masakan Indonesia bersama dengan 30 hidangan lainnya dari berbagai daerah. Rasanya juga beda misalnya keju, blueberry, coklat, rum, kismis dan lain-lain.

Sejarah Dari Klappertart

Meski clavertart sudah menjadi simbol Sulawesi Utara, sebenarnya bukan makanan Indonesia, tapi makanan Belanda. Kolonialisme Belanda turut mempengaruhi kuliner lokal, salah satunya clavertart. Resep dari clavertart sendiri di bawa langsung oleh pedagang Belanda.
Penyebaran clavertart hanya sampai di Manado. Makanya, clavertart sering disalahartikan sebagai makanan Manado asli. Kita tahu bahwa Klappertaart merupakan makanan yang berasal dari percampuran budaya Indonesia dan Belanda pada masa penjajahan Belanda.
Inilah yang menarik kami untuk lebih mendalami sejarah Clappertaart. Perjalanan melalui sejarah Clappertaart ini mempertemukan kami dengan Bapak Andreas Marioto dan Ibu Dr. Jugiarie Soegiarto, M.Hum untuk informasi lebih lanjut tentang sejarah sajian ini.
Klappertaart, yang berasal dari kata “klapper” dan “tart”, adalah nama kue yang dipinjam dari bahasa Indonesia dan Belanda. “Klapper” sebenarnya berasal dari kata buah untuk “kelapa”, yang disebutkan dalam pengucapan Belanda, dan “tart” berasal dari kata Belanda untuk kue.
Klappertaart, yang artinya “pai kelapa”, adalah makanan khas Manado, Sulawesi Utara dan disukai oleh banyak orang Indonesia karena rasanya yang manis dan asin. Penjajahan Belanda yang berlangsung di Manado sangat mempengaruhi kehidupan penduduk setempat.
Alasan masyarakat Manado terbuka dengan budaya yang dimasukinya adalah karena masyarakat Manado dikenal memiliki toleransi yang tinggi, seperti menerima keberagaman suku dan agama yang berbeda serta menerima budaya dari luar kota Manado.
Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya budaya Belanda yang telah merambah kota Manado sejak jaman penjajahan, seperti penataan rumah dan halaman, kebiasaan pesta, minuman, makanan yang dikonsumsi dan tradisi penamaan anak. Identitas Minahasa dalam pengaruh kolonialnya dikenal sebagai Twapro, singkatan dari Twalfde Provincie van Netherlandsch (provinsi kedua belas Belanda).
Ini pernah menjadi pertanyaan tentang identitas orang Minahasa di Indonesia. Orang Minahas dikatakan paling terpengaruh oleh Belanda dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia di hampir semua aspek kehidupan mereka.

Cara Membuat Kue Klappertart Khas Manado Yang Lezat

Bahan Bahan Cara Membuat Kue Klappertart

  • 100 gram tepung terigu
  • 5 kuning telur
  • 100 gram tepung maizena
  • 5 putih
  • 100 gram tepung maizena
  • 5 putih telur
  • 130 gram gula pasir
  • 500 ml air kelapa muda
  • 1 liter susu cair full cream
  • 200 gram Almond iris / kacang kenari panggang
  • 1 kaleng anyelir susu kental manis
  • Kelapa muda dari 4 butir kelapa utuh
  • 1 balok keju parut
  • 100 gram kismis
  • Bubuk kayu manis
  • 100 gram mentega
  • Vanili / rum

Langkah Langkah Cara Membuat Kue Klappertart

  1. Aduk tepung bersama dengan skm menggunakan mixer roti.
  2. Tambahkan gula. Susu cair dan air kelapa muda
  3. Aduk rata dan nyalakan kompor dengan api kecil.
  4. Sebelum mendidih masukkan kuning telur sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  5. Jika sudah mulai setengah tebal. Masukkan kelapa muda. Irisan kenari / almond dan kismis.
  6. Terus aduk sampai campuran mengental. Tambahkan mentega dan rum. Campur dengan baik.
  7. Jika sudah terasa matang dan kekentalannya pas, Anda bisa mengeluarkannya.
  8. Masukkan adonan ke dalam mangkuk aluminium voil.
  9. Kocok 5 butir telur hingga kaku.
  10. Olesi putih telur di atas adonan
  11. Taburi dengan kismis. Irisan almond dan kayu manis bubuk
  12. Panaskan oven gas. Dan panggang klappertart pada suhu 180 ° selama + – 15 menit. Atau sampai bagian atasnya mulai berwarna coklat.
  13. Lebih baik disajikan dingin. Bisakah Anda masuk ke lemari es
  14. Kue Klappertart siap disantap, selamat mencoba

Cara Membuat Kue Klappertart Khas Manado Yang Lezat

Nah itu dia guys resep cara membuat kue klappertart khas manado yang lezat. Gimana.. gampang bukan? Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya. Sekian tutorial dari saya, selamat mencoba guys.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *